.:: Kata-kata Hikmah ::.

Life is like a ship...therefore strengthen ur ship coz the ocean is very deep and the journey is very long...

Wednesday, September 5, 2007

.:: Menyambut Kedatangan Ramadhan ::.


Alhamdulillah, beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, bulan yang amat suci dan mulia. Mari kita sambut datangnya bulan suci ini dengan suka cita dan gembira. Kita panjatkan rasa syukur kepada Allah atas karunia-Nya di mana kita telah di beri panjang umur sehingga bisa memasuki bulan Ramadhan ini dengan tenang. Ini adalah karunia yang amat besar. Sebab, hidup di bulan Ramadhan berarti kita di beri kesempatan beribadah yang pahalanya berlipat ganda, tidak seperti pada bulan-bulan lainnya.

“Seandainya umatku mengetahui apa yang terdapat di bulan Ramadhan, niscaya mereka menginginkan agar supaya semua tahun itu menjadi bulan Ramadhan. Karena sesungguhnya semua kebaikan berkumpul di bulan Ramadhan, ketaatan di terima (oleh Allah), semua do’a di kabulkan, semua dosa di ampuni dan surga rindu kepada mereka.” ( Hadits Rasulullah, Dari Ibnu Abbas. )

“Adalah Rasulullah s.a.w. apabila telah masuk sepuluh malam (yang terakhir dari bulan Ramadhan), beliau hidupkan malam itu, membangunkan keluarganya dan mempererat sarungnya (yaitu tidak mengumpuli isteri-isterinya).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Yang wajib kita lakukan di bulan Ramadhan adalah Berpuasa selama satu bulan penuh. Puasa Ramadhan adalah salah satu rukun Islam, yaitu merupakan rukun yang ke Empat. Jadi bagi setiap orang Islam yang sudah mukallaf tidak boleh meninggalkan puasa kecuali jika ada halangan yang di benarkan oleh syara. Meskipun begitu dia yang berhalangan berpuasa masih tetap di wajibkan membayar puasa yang di tinggalkan itu pada hari-hari lain di luar bulan Ramadhan.

“Hai orang-orang yang beriman, di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. Yaitu dalam beberapa hari yang tertentu. Maka, jika di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa)sebanyak hari yang di tinggalkan itu pada hari-hari yang lain…” (QS. Al-Baqarah : 183-184)

“Barangsiapa merasa bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan, maka Allah mengharamkan jasadnya masuk ke dalam neraka.” (Hadits Rasulullah s.a.w.)
wallahu ‘alam bis shawab_ _

0 comments:

Post a Comment